PENERAPAN TERAPI WICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAME POWERPOINT TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA PADA ANAK TUNAGRAHITA SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI

Acahya Dea Dirputri, 40122231702 (2025) PENERAPAN TERAPI WICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAME POWERPOINT TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA PADA ANAK TUNAGRAHITA SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1. COVER (ACAHYA).docx

Download (343kB)
[thumbnail of Lembar Persetujuan] Text (Lembar Persetujuan)
2. LEMBAR PERSETUJUAN (ACAHYA).docx

Download (279kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3. LEMBAR PENGESAHAN (ACAHYA).docx

Download (234kB)
[thumbnail of Daftar Riwayat Hidup] Text (Daftar Riwayat Hidup)
4. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (ACAHYA).docx

Download (65kB)
[thumbnail of Pernyataan Keaslian Tulisan] Text (Pernyataan Keaslian Tulisan)
5. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN (ACAHYA).docx

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
6. ABSTRAK INDONESIA (ACAHYA).docx

Download (20kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
7. ABSTRAK B. INGGRIS (ACAHYA).docx

Download (19kB)
[thumbnail of Kata Pengantar] Text (Kata Pengantar)
8. KATA PENGANTAR (ACAHYA).docx

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
9. DAFTAR ISI (ACAHYA).docx

Download (36kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
10. BAB I (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
11. BAB II (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
12. BAB III (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
13. BAB IV (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
14. BAB V (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of Permohonan Izin Penelitian] Text (Permohonan Izin Penelitian)
16. PERMOHONAN IZIN PENELITIAN (ACAHYA).docx

Download (399kB)
[thumbnail of Permohonan Izin Pengambilan Data] Text (Permohonan Izin Pengambilan Data)
16. PERMOHONAN IZIN PENGAMBILAN DATA (ACAHYA).docx

Download (513kB)
[thumbnail of Data Penelitian] Text (Data Penelitian)
17. DATA ANAK SLB (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[thumbnail of Surat Selesai Penelitian] Text (Surat Selesai Penelitian)
17. SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Lembar Konsultasi] Text (Lembar Konsultasi)
18. LEMBAR KONSULTASI KTI (ACAHYA).docx

Download (916kB)
[thumbnail of Informed Concent] Text (Informed Concent)
19. INFORMED CONSENT (ACAHYA).docx

Download (442kB)
[thumbnail of Media Penelitian] Text (Media Penelitian)
19. MATERI GAME POWERPOINT TERAPI WICARA (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[thumbnail of Hasil Lembar Observasi] Text (Hasil Lembar Observasi)
20. HASIL LEMBAR OBSERVASI (ACAHYA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of Lembar Observasi] Text (Lembar Observasi)
20. LEMBAR OBSERVASI (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Dokumentasi] Text (Dokumentasi)
21. DOKUMENTASI PENELITIAN SLB (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Latar belakang: Kemampuan berbicara siswa tunagrahita pada umumnya tidak lancar, karena perbendaharaan katanya kurang, pengucapan kata tidak jelas, sehingga sulit untuk dipahami. Terapi wicara sangat penting diterapkan pada anak yang mengalami gangguan komunikasi verbal untuk meningkatkan perbendaharaan kata agar anak dapat berkomunikasi dengan baik.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint terhadap perbendaharaan kata pada anak tunagrahita. Sehingga dapat menjadi solusi dari anak yang mengalami gangguan komunikasi verbal.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SLB Harapan Mulia Kota Jambi pada tanggal 03-07 Februari 2025. Media yang digunakan adalah game PowerPoint, jumlah responden sebanyak 2 orang anak tunagrahita berumur 9-15 tahun, anak tunagrahita koperatif dan anak yang mendapatkan nilai observasi kurang dari 60% (Kategori kurang). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi materi yang terdiri dari nama hewan, kata benda, nama buah dan kata kerja.
Hasil: Hasil pre test dan post test terhadap An. R dan An. N menunjukan peningkatan dengan An. R pre test adalah 50% (kategori kurang) dan An. N adalah 50% (kategori kurang) dan post test An. R adalah 100% (kategori sangat baik) dan An. N adalah 100% (kategori sangat baik).
Kesimpulan: Penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint teruji mampu meningkatkan perbendaharaan kata pada An. R dan An. N.
Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh orang tua atau guru dalam penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Anak tunagrahita, game PowerPoint, perbendaharaa kata dan terapi wicara
Referensi: 6 buku, 18 journal dan 5 skripsi yang telah diseminarkan (2017-2024).

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SLB Harapan Mulia Kota Jambi pada tanggal 03-07 Februari 2025. Media yang digunakan adalah game PowerPoint, jumlah responden sebanyak 2 orang anak tunagrahita berumur 9-15 tahun, anak tunagrahita koperatif dan anak yang mendapatkan nilai observasi kurang dari 60% (Kategori kurang). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi materi yang terdiri dari nama hewan, kata benda, nama buah dan kata kerja.
Hasil: Hasil pre test dan post test terhadap An. R dan An. N menunjukan peningkatan dengan An. R pre test adalah 50% (kategori kurang) dan An. N adalah 50% (kategori kurang) dan post test An. R adalah 100% (kategori sangat baik) dan An. N adalah 100% (kategori sangat baik).
Kesimpulan: Penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint teruji mampu meningkatkan perbendaharaan kata pada An. R dan An. N.
Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh orang tua atau guru dalam penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Anak tunagrahita, game PowerPoint, perbendaharaa kata dan terapi wicara
Referensi: 6 buku, 18 journal dan 5 skripsi yang telah diseminarkan (2017-2024).

ABSTRACT
Background : The speaking ability of mentally retarded students is generally not fluent, because their vocabulary is lacking, the pronunciation of words is unclear, making it difficult to understand. Speech therapy is very important to apply to children who experience verbal communication disorders to increase their vocabulary so that children can communicate well.
Objective : This research was conducted with the aim of analyzing the effectiveness of implementing speech therapy using PowerPoint game media on the vocabulary of mentally retarded children. So it can be a solution for children who experience verbal communication disorders.
Method: This type of research is a descriptive case study. The research was carried out at SLB Harapan Mulia Jambi City on 03-07 February 2025. The media used was a PowerPoint game, the number of respondents was 2 mentally retarded children aged 9-15 years, cooperative mentally retarded children and children who got an observation score of less than 60% (Poor category). The instrument used was a material observation sheet consisting of animal names, nouns, fruit names and verbs.
Results : Pretest and post test results for An. R and An. N shows an increase with An. R pre test is 50% (less category) and An. N is 50% (less category) and post test An. R is 100% (very good category) and An. N is 100% (very good category)
Conclusion : The application of speech therapy using PowerPoint game media has been proven to be able to increase An's vocabulary An. R and An. N.
Suggestion: It is hoped that the results of this research can be used as an innovative learning media used by parents or teachers in implementing speech therapy using PowerPoint game media to increase the vocabulary of mentally retarded children.
Keywords: Children with intellectual disabilities, PowerPoint games, vocabulary and speech therapy.
References : 6 books, 18 journals and 5 theses that have been presented in seminars (2017-2024).).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: STIKES Garuda Putih > D-3 Keperawatan
Depositing User: SIP Fitri Suciati
Date Deposited: 08 May 2025 02:13
Last Modified: 08 May 2025 02:13
URI: http://repository.stikes-garudaputih.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item