Acahya Dea Dirputri, 40122231702 (2025) PENERAPAN TERAPI WICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAME POWERPOINT TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA PADA ANAK TUNAGRAHITA SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih.
1. COVER (ACAHYA).docx
Download (343kB)
2. LEMBAR PERSETUJUAN (ACAHYA).docx
Download (279kB)
3. LEMBAR PENGESAHAN (ACAHYA).docx
Download (234kB)
4. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (ACAHYA).docx
Download (65kB)
5. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN (ACAHYA).docx
Download (211kB)
6. ABSTRAK INDONESIA (ACAHYA).docx
Download (20kB)
7. ABSTRAK B. INGGRIS (ACAHYA).docx
Download (19kB)
8. KATA PENGANTAR (ACAHYA).docx
Download (18kB)
9. DAFTAR ISI (ACAHYA).docx
Download (36kB)
10. BAB I (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (24kB)
11. BAB II (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (46kB)
12. BAB III (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
13. BAB IV (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (37kB)
14. BAB V (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
15. DAFTAR PUSTAKA (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (16kB)
16. PERMOHONAN IZIN PENELITIAN (ACAHYA).docx
Download (399kB)
16. PERMOHONAN IZIN PENGAMBILAN DATA (ACAHYA).docx
Download (513kB)
17. DATA ANAK SLB (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (876kB)
17. SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
18. LEMBAR KONSULTASI KTI (ACAHYA).docx
Download (916kB)
19. INFORMED CONSENT (ACAHYA).docx
Download (442kB)
19. MATERI GAME POWERPOINT TERAPI WICARA (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
20. HASIL LEMBAR OBSERVASI (ACAHYA).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
20. LEMBAR OBSERVASI (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
21. DOKUMENTASI PENELITIAN SLB (ACAHYA).docx
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang: Kemampuan berbicara siswa tunagrahita pada umumnya tidak lancar, karena perbendaharaan katanya kurang, pengucapan kata tidak jelas, sehingga sulit untuk dipahami. Terapi wicara sangat penting diterapkan pada anak yang mengalami gangguan komunikasi verbal untuk meningkatkan perbendaharaan kata agar anak dapat berkomunikasi dengan baik.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint terhadap perbendaharaan kata pada anak tunagrahita. Sehingga dapat menjadi solusi dari anak yang mengalami gangguan komunikasi verbal.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SLB Harapan Mulia Kota Jambi pada tanggal 03-07 Februari 2025. Media yang digunakan adalah game PowerPoint, jumlah responden sebanyak 2 orang anak tunagrahita berumur 9-15 tahun, anak tunagrahita koperatif dan anak yang mendapatkan nilai observasi kurang dari 60% (Kategori kurang). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi materi yang terdiri dari nama hewan, kata benda, nama buah dan kata kerja.
Hasil: Hasil pre test dan post test terhadap An. R dan An. N menunjukan peningkatan dengan An. R pre test adalah 50% (kategori kurang) dan An. N adalah 50% (kategori kurang) dan post test An. R adalah 100% (kategori sangat baik) dan An. N adalah 100% (kategori sangat baik).
Kesimpulan: Penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint teruji mampu meningkatkan perbendaharaan kata pada An. R dan An. N.
Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh orang tua atau guru dalam penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Anak tunagrahita, game PowerPoint, perbendaharaa kata dan terapi wicara
Referensi: 6 buku, 18 journal dan 5 skripsi yang telah diseminarkan (2017-2024).
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SLB Harapan Mulia Kota Jambi pada tanggal 03-07 Februari 2025. Media yang digunakan adalah game PowerPoint, jumlah responden sebanyak 2 orang anak tunagrahita berumur 9-15 tahun, anak tunagrahita koperatif dan anak yang mendapatkan nilai observasi kurang dari 60% (Kategori kurang). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi materi yang terdiri dari nama hewan, kata benda, nama buah dan kata kerja.
Hasil: Hasil pre test dan post test terhadap An. R dan An. N menunjukan peningkatan dengan An. R pre test adalah 50% (kategori kurang) dan An. N adalah 50% (kategori kurang) dan post test An. R adalah 100% (kategori sangat baik) dan An. N adalah 100% (kategori sangat baik).
Kesimpulan: Penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint teruji mampu meningkatkan perbendaharaan kata pada An. R dan An. N.
Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh orang tua atau guru dalam penerapan terapi wicara menggunakan media game PowerPoint untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Anak tunagrahita, game PowerPoint, perbendaharaa kata dan terapi wicara
Referensi: 6 buku, 18 journal dan 5 skripsi yang telah diseminarkan (2017-2024).
ABSTRACT
Background : The speaking ability of mentally retarded students is generally not fluent, because their vocabulary is lacking, the pronunciation of words is unclear, making it difficult to understand. Speech therapy is very important to apply to children who experience verbal communication disorders to increase their vocabulary so that children can communicate well.
Objective : This research was conducted with the aim of analyzing the effectiveness of implementing speech therapy using PowerPoint game media on the vocabulary of mentally retarded children. So it can be a solution for children who experience verbal communication disorders.
Method: This type of research is a descriptive case study. The research was carried out at SLB Harapan Mulia Jambi City on 03-07 February 2025. The media used was a PowerPoint game, the number of respondents was 2 mentally retarded children aged 9-15 years, cooperative mentally retarded children and children who got an observation score of less than 60% (Poor category). The instrument used was a material observation sheet consisting of animal names, nouns, fruit names and verbs.
Results : Pretest and post test results for An. R and An. N shows an increase with An. R pre test is 50% (less category) and An. N is 50% (less category) and post test An. R is 100% (very good category) and An. N is 100% (very good category)
Conclusion : The application of speech therapy using PowerPoint game media has been proven to be able to increase An's vocabulary An. R and An. N.
Suggestion: It is hoped that the results of this research can be used as an innovative learning media used by parents or teachers in implementing speech therapy using PowerPoint game media to increase the vocabulary of mentally retarded children.
Keywords: Children with intellectual disabilities, PowerPoint games, vocabulary and speech therapy.
References : 6 books, 18 journals and 5 theses that have been presented in seminars (2017-2024).).
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | STIKES Garuda Putih > D-3 Keperawatan |
| Depositing User: | SIP Fitri Suciati |
| Date Deposited: | 08 May 2025 02:13 |
| Last Modified: | 08 May 2025 02:13 |
| URI: | http://repository.stikes-garudaputih.ac.id/id/eprint/246 |

