Aldila Puspa Djelita, 2020.21.1609 (2023) PENERAPAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH 4 – 6 TAHUN DI KB IFFAT. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih.
01 COVER.docx
Download (84kB)
06 KATA PENGANTAR.docx
Download (24kB)
07 ABSTRACK INDONESIA.doc
Download (29kB)
08 ABSTRACK INGGRIS.doc
Download (25kB)
09 DAFTAR ISI.docx
Download (23kB)
10 DAFTAR TABEL.docx
Download (17kB)
11 DAFTAR GAMBAR.docx
Download (17kB)
12 BAB I.docx
Restricted to Repository staff only
Download (30kB)
13 BAB II.docx
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
14 BAB III.docx
Restricted to Repository staff only
Download (28kB)
15 BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
16 BAB V.docx
Restricted to Repository staff only
Download (20kB)
17 DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
02 LEMBAR PERSETUJUAN.doc
Download (1MB)
03 LEMBAR PENGESAHAN.doc
Download (23MB)
18 LEMBAR KONSULTASI.doc
Download (3MB)
19 PERMOHONAN IZIN PENELITIAN.doc
Download (2MB)
20 SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN.doc
Download (417kB)
21 INFORMED CONSENT.doc
Download (519kB)
22 LEMBAR OBSERVASI SEBELUM.doc
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
23 LEMBAR OBSERVASI SESUDAH.doc
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
24 DOKUMENTASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Usia pra sekolah merupakan periode emas dalam proses perkembangan. Periode itu termasuk periode sensitif atau masa peka pada anak, untuk itu anak perlu pembelajaran dengan konsentrasi yang tinggi, karena akibat dari ketidakkonsentrasian anak, maka hasil belajarpun menjadi tidak optimal
Tujuan: Untuk mengetahui keefektifan penerapan senam otak (brain gym) sebagai penatalaksanaan dalam meningkatkan konsentrasi pada anak usia prasekolah 4 – 6 tahun.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus pada satu kelompok subjek terdiri dari 2 orang selama 3 hari. Pengukuraan menggunakan kuisioner lalu diobservasi sebelum dan sesudah melakukan Teknik senam otak (brain gym).
Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan hasil peningkatan nilai konsentrasi setelah dilakukan senam otak selama 3 kali pelaksanaan senam otak. Sebelum dilaksanakan senam otak nilai konsentrasi An. M adalah 6 dan setelah dilaksanakan senam otak selama 3 kali nilai konsentrasi An. M meningkat menjadi 15. Sementara pada An. H sebelum dilaksanakan senam otak nilai konsentrasi An. H adalah 5 dan setelah dilaksanakan senam otak selama 3 kali nilai konsentrasi An. H meningkat menjadi 10. Hal ini membuktikan bahwa penerapan senam otak dapat meningkatkan konsentrasi pada anak.
Kesimpulan: Dengan menerapkan Teknik senam otak (brain gym) dapat terbukti meningkatkan konsentrasi pada anak dengan penurunan konsentrasi di KB iffat jambi tahun 2023.
Saran: Diharapkan senam otak dapat diterapkan oleh pihak KB iffat dalam mengatasi permasalahan konsentrasi pada anak.
Kata kunci: Brain Gym, Konsentrasi, Anak prasekolah.
Referensi: 13 Buku (2012 – 2022), 17 Jurnal (2017 – 2022).
ABSTRACT
Introduction: The preschool age is a golden period in the process development. This period includes a sensitive period or sensitive period in children, for that children need to learn with high concentration, because of the consequences of the lack of concentration of children, the learning outcomes are not optimal.
Purpose: To find out the effectiveness of applying brain gymnastics (brain gym) as management in increasing concentration in young children preschool 4-6 years.
Method: This type of research is descriptive with a case study method one subject group consists of 2 people for 3 days. Measurement using a questionnaire and then observed before and after carrying out the techniquebrain exercise (brain gym).
Results: The results obtained in this study obtained increased results in the value of concentration after doing brain exercises for 3 times the implementation of gymnastics brain. Before the brain exercise is carried out, the concentration value of An. M is 6 and after carrying out brain exercises for 3 times the concentration value of An. M increases to 15. While in An. H before carrying out value brain exercises An concentration. H is 5 and after doing brain exercises 3 times the concentration value of An. H increases to 10. This proves that the application of brain gymnastics can improve concentration in children.
Conclusion: By applying brain gym techniques (brain gym) it can be proven increase concentration in children with a decrease in concentration in iffat KB Jambi in 2023.
Suggestion: It is hoped that brain exercises can be applied by the iffat in the KB overcome concentration problems in children.
Keywords: Brain gym, concentration, preschoolers.
References: 13 Books (2012 – 2022), 17 Journals (2017 – 2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | STIKES Garuda Putih > D-3 Keperawatan |
Depositing User: | SIP Fitri Suciati |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:41 |
URI: | http://repository.stikes-garudaputih.ac.id/id/eprint/93 |