Renzi, 2020.21.1599 (2023) PENERAPAN TERAPI BERMAIN LOTTO TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih.
1.Cover.doc
Restricted to Repository staff only
Download (139kB)
6. Abstrak renzi.docx
Download (45kB)
5. KATA PENGANTAR RENZI.docx
Download (23kB)
7. DAFTAR ISI RENZI.docx
Download (22kB)
11. BAB 1 RENZIII.docx
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
12. BAB II RENZI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
13. BAB III AUTIS RENZI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
14. BAB IV AUTIS RENZI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
15. BAB V AUTIS RENZI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
16. DAFTAR PUSTAKA TERBARU RENZI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (18kB)
20.dokumentasi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (736kB)
2, Lembar persetujuan scan.docx
Download (110kB)
3. Lembar pengesahan scan.docx
Download (212kB)
4. Keaslian tulisan scan.docx
Download (219kB)
17. Lembar konsul.docx
Download (247kB)
18. Surat penilitian.docx
Download (332kB)
19. lembar observasi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (277kB)
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan : Autis adalah perkembangan neurologi pervasif sistem saraf pusat di dalam otak yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyandang autis cenderung hidup dengan dunia nya sendiri serta gagal mengembangkan sifat simpati serta empati kepada orang lain dan lingkungannya. Pemusatan pada diri sendiri dimulai pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak yang merupakan ciri khas dari anak pengidap autis dibandingkan dengan anak-anak normal lainnya terutama dalam perilaku kesehariannya yang sulit sekali untuk di tenangkan.
Tujuan : Untuk menerapkan terapi bermain lotto terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis di Sekolah Luar Biasa Harapan Mulia jambi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskritif dengan rancangan studi kasus dengan jumlah sampel dua anak autis. mengunakan lotto dan dilakukan perbandingkan kemampuan interaksi sosial sebelum dan sesudah dilakukan terapi lotto, penelitian dilaksanakan di SLB Harapan Mulia Kota Jambi pada tanggal 16¬-19 Mei 2023
Hasil : Kemampuan interaksi sosial sebelum dilakukan penerapan bermain lotto pada An.M mendapatkan skor 56 dengan kategori kurang baik dan setelah dilakukan penerapan terjadi peningkatan skor menjadi 66 dengan kategori baik. Pada An.R sebelum dilakukan penerapan bermain lotto mendapatkan skor 52 dalam kategori kuang baik dan setelah dilakukan penerapan terjadi peningkatan skor menjadi 64 dalam kategori baik.
Kesimpulan: Dari hal ini dapat dibuktikan bahwa penerapan terapi bermain lotto dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis
Kata Kunci : Lotto, anak autis, interaksi sosial, intensitas skor.
Referensi : 9 buku (2010-2017), 6 jurnal (2021-2022)
ABSTRACT
Introduction : Autism is a pervasive neurological development of the central nervous system in the brain that does not function properly. People with autism tend to live in their own world and fail to develop sympathy and empathy for other people and their environment. Focus on oneself begins in the early years of a child's life which is a characteristic of children with autism compared to other normal children, especially in their daily behavior which is very difficult to calm down.
Objective: To apply lotto playing therapy to the social interaction skills of autistic children at Harapan Mulia Special School, Jambi.
Methods: This study used a descriptive method with a case study design with a sample size of two autistic children. using lotto and comparing social interaction abilities before and after lotto therapy, the study was carried out at Harapan Mulia SLB Jambi City on May 16-19 2023
Results: The ability of social interaction before the implementation of playing lotto on An.M got a score of 56 in the unfavorable category and after implementation there was an increase in the score to 66 in the good category. In An.R, before implementing the lottery game, a score of 52 was carried out in the bad category and after implementation there was an increase in the score to 64 in the good category.
Conclusion: From this it can be proven that the application of lotto play therapy can improve social interaction skills in autistic children
Keywords: Lotto, autistic children, social interaction, score intensity.
References: 9 books (2010-2017), 6 journals (2021-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | STIKES Garuda Putih > D-3 Keperawatan |
Depositing User: | SIP Fitri Suciati |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:40 |
URI: | http://repository.stikes-garudaputih.ac.id/id/eprint/159 |